Pemilihan Strategi Pemasaran Produk

Pemilihan strategi pemasaran produk

Setiap perusahaan harus mempunyai strategi pemasaran produk yang berperan penting untuk mencapai tujuan perusahaan. Strategi pemasaran tersebut mendukung perusahaan dalam melayani target market, perolehan keuntungan, meningkatkan volume penjualan dan mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan. Munculnya perusahaan baru menyebabkan persaingan semakin tajam, sehingga perusahaan harus memiliki taktik yang lebih jeli untuk menemukan celah dalam strategi pemasaran produk.

Lalu, apa saja yang bisa dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan volume penjualan melalui strategi pemasaran ?

Pengertian Strategi Pemasaran


    Strategi pemasaran adalah suatu manajemen yang direncanakan dan disusun secara menyeluruh, dengan mengembangkan keunggulan bersaing di bidang pemasaran, yang memberikan panduan tentang kegiatan yang akan dijalankan untuk dapat tercapainya tujuan pemasaran suatu perusahaan.

Tujuan perusahaan merencanakan strategi pemasaran produk adalah untuk mempercepat pemecahan persoalan pemasaran dan membuat keputusan-keputusan yang bersifat strategis sehingga merek dari suatu produk dapat dikenal oleh masyarakat.


Strategi pemasaran produk terdiri dari identifikasi dan evaluasi analisa segmentasi pasar, pengambilan keputusan tentang biaya pemasaran perusahaan, perencanaan penerapan bauran pemasaran (marketing mix), alokasi pemasaran dengan keadaan lingkungan yang diharapkan, dan kondisi persaingan yang dihadapi.

Strategi Pemasaran Produk untuk Mendapatkan Pelanggan Setia




Untuk memasuki pasar perdagangan barang/jasa diperlukan strategi untuk mendapatkan buyer serta mengembangkan usaha dan mempertahankan usaha yang dijalani. Berikut ini adalah lima strategi pemasaran produk yang bisa dilakukan oleh perusahaan untuk mendapatkan pelanggan:

1. Pemilihan Pasar

Pemilihan pasar betujuan untuk melihat adanya peluang atau prospek yang potensial terhadap usaha barang/jasanya. Adanya persaingan dan perbedaan produk layanan barang/jasa menyebabkan perusahaan mengelompokkan pasarnya dalam rangka memahami struktur pasar yang akan dilayaninya.

Pemilihan dan pengelompokan pasar ini difokuskan pada kebutuhan dan keinginan klien atau pelanggan akan produk-produk barang/jasa yang perlu disediakan dan siapa pengguna dari produk yang akan disediakan. Ini ditunjukkan dengan dominannya penggunaan variabel jenis barang/jasa dan status klien yang menjadi target pasar sebagai salah satu variabel dasar dalam mengelompokkan pasar industri.

Perusahaan memilih pasar yang dilayani berdasarkan persepsi terhadap fungsi produk. Pemilihan pasar dimulai dengan melakukan segmentasi pasar dan kemudian memilih pasar yang paling memungkinan untuk dilayani oleh perusahaan.

2. Perencanaan Produk

    Perencanaan produk ini meliputi produk spesifik yang dijual, pembentukan lini produk, dan desain penawaran individual pada masing-masing lini.
    Perencanaan atau kebijakan penting yang diambil perusahaan dalam hubunganya dengan produk adalah dipusatkan pada kualitas barang dan jasa serta proses pengerjaanya. Jumlah produk barang dan jasa yang sudah beredar dari berbagai perusahaan penghasil produk berfungsi sama  mengakibatkan keadaan pasar menjadi arena persaingan mutu produk barang dan jasa.
    Dalam menanggapi hal ini perusahaan harus menjaga kualitas produk barang dan jasanya. Hal ini benar-benar dilakukan untuk menjaga nama baik perusahaan. Rencana produk yang diambil oleh perusahaan sangatlah berpengaruh terhadap kualitas produk barang dan jasa pada pelanggan.  





Posting Komentar